Air


Air

Air merupakan kebutuhan essensial bagi mahluk hidup. Tanpa air tidak akan ada kehidupan di bumi ini. Sekitar 71% komposisi bumi terdiri dari air. Rumus kimia air adalah H2O (tersusun atas dua atom hidrogen dan satu atom oksigen). Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau.

Setiap orang di muka bumi ini membutuhkan kurang lebih 2 liter air bersih untuk minum setiap hari dan sekitar 13 juta m3 untuk seluruh penduduk dunia setiap harinya. Kegunaan air bagi kehidupan manusiaantara lain: irigasi ±70% (pertanian, perkebunan, perikanan), air minum dan higiene sanitasi, industri dan rumah sakit, transportasi, rekreasi, dll.

Sumber Air

Sumber air dapat di bedakan menjadi 3 yaitu:

1. Air hujan langsung

2. Air permukaan (air sungai, mata air, air danau, air situ, air beku/salju)

Air permukaan merupakan air hujan yang turun dan mengalir di permukaan bumi dan berkumpul pada suatu tempat yang relatif rendah, seperti sungai, danau, laut dan sebagainya. Kuantitas air permukaan dipengaruhi oleh musim dan kualitasnya mudah terkontaminasi oleh kondisi lingkungan dan cara penggunaannya

3. Air tanah

Air tanah dapat dibedakan menjadi Air tanah dangkal < 40m, air tanah dalam 40-200 m, air tanah sangat dalam >200 m. Secara kualitas air tanah baik sebagai sumber air minum. Namun kualitas air tanah biasanya mengandung Ca, Mg dan kesadahan yang tinggi. Pencemaranair tanah dapat terjadi karena abrasi air laut, bakteri dari sistem pembuangan air kotor yang tidak baik, pestisida dari pertanian, dll.

Kuantitas dan Kualitas Air

Dalam Fase Siklus Hidrologi, kuantitas air tidak berubah, namun wujudnya saja yang berubah. Kuantitas air di dunia seperti dibawah ini:

· Air di daratan 2,8

o Danau air tawar 0,009

o Danau air asin dan laut daratan 0,008

o Sungai 0,0001

o Kelembaban tanah dan air vadose 0,005

o Air tanah sampai kedalaman 4000 m 0,61

o Es dan glaciers 2,14

· Air di Atmosfir 0,001

· Air di Lautan 97,3

Kualitas air dapat diukur melalui beberapa pameter yaitu Parameter Fisik, kimia, dan biologi. Jika kualitas air tidak terpenuhi dengan baik dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Kulitas air juga dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: Iklim (curah hujan, suhu, tekanan udara), kandungan unsur kimia tanah (geologi), aktivitas manusia.

Pencemaran Air

Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

Sumber Pencemaran Air :

  1. Direct / langsung: pencemar langsung mencemari sumber air tanpa melalui perantara contohnya:pencemaran air karena tumpahan minyak.
  2. Indirect / tidak langsung : pencemar masuk ke sumber air melalui tanah atau sistem air tanah (cth: pencemaran air tanah oleh pestisida dar kegiatan pertanian) dan dari atmosfir melalui hujan.

4 Tanggapan

  1. Tepat sekali.. memang air sangat penting🙂..
    Dan sekarang air sumur makin kotor..
    :)… Surabaya.. pencemaran air… makin ga karu-karuan🙂..
    Tapi kita berusaha loh .. bersih2 dll.🙂..

  2. mana gambar contoh pencemarah air nya mas ?
    yg lengkap donk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: