Klasifikasi dan Gejala TBC


Berdasarkan pemeriksaan, Tuberkulosis (TB) dapat di klasifikasikan menjadi:

  1. TB Paru BTA Positif

Disebut TB Paru BTA (+) apabila sekurang-kurangnya 2 dari 3 spesimen dahak SPS (Sewaktu Pagi Sewaktu) hasilnya positif, atau 1 spesimen dahak SPS positif disertai pemeriksaan radiologi paru menunjukan gambaran TB aktif.

2. TB Paru BTA Negatif

Apabila dalam 3 pemeriksaan spesimen dahak SPS BTA negatif dan pemeriksaan radiologi dada menunjukan gambaran TB aktif. TB Paru dengan BTA (-) dan gambaran radiologi positif dibagi berdasarkan tingkat keparahan, bila menunjukan keparahan yakni kerusakan luas dianggap berat.

3. TB Ekstra Paru

TB yang menyerang organ tubuh di luar paru, termasuk pleura yaitu yang menyelimuti paru, serta organ lain seperti selaput otak, selaput jantung pericaditis, kelenjar limpa, kulit, persendian ginjal, saluran kencing, dan lain-lain.

Berdasarkan keparahannya, maka TB dapat dikategorikan ke dalam tingkatan ringan, dan berat. Yang termasuk berat pericarditis, milier, menginitis, TB usus.

Gejala Sistemik Tuberkulosis

Secara sistemik pada umumnya penderita akan mengalami demam. Demam berlangsung pada sore dan malam hari, disertai keringat dingin meskipun tanpa aktifitas, kemudian kadang hilang. Gejala ini akan timbul lagi beberapa bulan kemudian seperti demam, influenza biasa, dan kemudian seolah-olah sembuh tidak ada demam.

Gejala lain adalah malaise (perasaan lesu) bersifat berkepanjangan kronis, disertai rasa tidak fit, tidak enak badan, lemah, lesu, pegal-pegal, nafsu makan berkurang, badan semakin kurus, pusing, serta mudah lelah. Gejala sistemik ini terdapat baik pada TB Paru maupun TB yang menyerang organ lain.

Gejala Respiratorik Tuberkulosis

Adapun gejala repiratorik atau gejala saluran pernafasan adalah batuk. Batuk bisa berlangsung secara terus-menerus selama 3 mingggu atau lebih. Hal ini terjadi apabila sudah melibatkan brochus. Gejala respiratorik lainnya adalah batuk produktif sebagai upaya untuk membuang ekskresi peradangan berupa dahak atau sputum. Dahak ini kadang bersifat purulent.

Kadang gejala respiratorik ini ditandai dengan batuk berdarah. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah pecah, akibat luka dalam alveoli yang sudah lanjut. Batuk darah inilah yang sering membawa penderita berobat ke dokter. Apabila kerusakan sudah meluas, timbul sesak nafas dan apabila pleura sudah terkena, maka disertai pula dengan rasa nyeri pada dada.

Sumber :

Achmadi, Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah, 2005

Depkes RI, Pedoman Penanggulangan Tuberkulosis, 2002

11 Tanggapan

  1. kenapa bekas tbc kok masih ada,dan penyakit di luar paru2 apa cukup dengan obat tbc,trims.

  2. kenapa bekas tbc kok masih ada,dan penyakit di luar paru2 yg di akibatkan tbc apa cukup dengan obat tbc,trims.

    • khusus tb paru asalkan berobat rutin bisa sembuh. tapi bisa juga kambuh lagi bila daya tahan tubuh kita buruk.

      Contoh penyakitnya apa ya?

  3. ternyata TB bisa menyerang sipapun dan kapanpun ya….? berhati-hatilah untuk pengidap TB…

  4. Saya di diagnosa TB paru dari hasil rontgen!!
    Tapi saya tak mengalami gejala2 klinis di atas! Saya tidak batuk, apalagi batuk berdarah, nafsu makan bagus, berat saya 75 kg tinggi 172 kg, umur 25 thn.
    Apa bisa seorang dokter memvonis pasien TB paru tanpa pemeriksaan dahak?????
    Saat ini saya bingung (masih tdk percaya) saya mengalami TB paru!
    Mohon kejelasan, karena saya terancam gagal diterima di sebuah perusahaan.
    (Tolong balas ke email saya)

    • saya yakin anda tidak memeriksakan ke puskesmas, melainkan ke RS atau Dokter spesialis. memang pemeriksaan dahak merupakan salah satu upaya diagnosis TB paru, ini biasanya lazim dilakukan di puskesmas2 karena merupakan program nasional yg dicanangkan oleh pemerintah. Pemeriksaan radiologi (rontgen) juga bisa dilakukan untuk mendiagnosa TB paru. coba baca tulisan saya mengenai diagnosis TBC.

  5. Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
    semoga bermanfaat
    Rahmah

  6. sudah 2hari saya batuk berdarah , saya pun merasakan sering lemas , berat badan terus menurun , dan demam yang kadang jadi kadang sembuh lagi , pada akhirnya saya pergi ke puskesmas , dan menurut dokter ada kemungkinan saya menderita TBparu , dan harus menjalankan 3 pemeriksaan , yaitu : , ,dan , apakah itu harus saya jalankan ? dan apakah benar ada kemungkinan kalau saya menderita TBparu ? tolong balas ke email saya , trims :’)

  7. sudah 2hari saya batuk berdarah , saya pun sering merasa lemas , dan demam yang tak pernah menentu , kadang sembuh , dan kadang demam lagi , hingga kemudian saya pergi ke puskesmas , dan dokter nya bilang kalau saya ada kemungkinan menderita TBparu , dan harus melakukan 3tes , yaitu : , , , apakah saya harus mengikutinya ? dan apakah benar saya ada kemungkinan menderita TBparu ? tolong balas ke email saya , trims

  8. Apakah TB bisa meyerang bag lain selain paru?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: