Rumah Sehat


Rumah pada dasarnya merupakan tempat hunian yang sangat penting bagi kehidupan setiap orang. Rumah tidak sekedar sebagai tempat untuk melepas lelah setelah bekerja seharian, namun didalamnya terkandung arti yang penting sebagai tempat untuk membangun kehidupan keluarga sehat dan sejahtera. Rumah yang sehat dan layak huni tidak harus berwujud rumah mewah dan besar namun rumah yang sederhana dapat juga menjadi rumah yang sehat dan layak dihuni Rumah sehat adalah kondisi fisik, kimia, biologi didalam rumah dan perumahan sehingga memungkinkan penghuni atau masyarakat memperoleh derajat kesehatan yang optimal. Untuk menciptakan rumah sehat maka diperlukan perhatian terhadap beberapa aspek yang sangat berpengaruh, antara lain: rumah-sehat1

1. Sirkulasi udara yang baik.

2. Penerangan yang cukup.

3. Air bersih terpenuhi.

4. Pembuangan air limbah diatur dengan baik agar tidak menimbulkan pencemaran.

5. Bagian-bagian ruang seperti lantai dan dinding tidak lembab serta tidak terpengaruh pencemaran seperti bau, rembesan air kotor maupun udara kotor.

Persyaratan Kesehatan Rumah Tinggal menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : 829/Menkes/SK/VII/1999 adalah sebagai berikut:

1. Bahan Bangunan

a. Tidak terbuat dari bahan yang dapat melepaskan zat-zat yang dapat membahayakan kesehatan, antara lain sebagai berikut :

· Debu Total tidak lebih dari 150 µg m3

· Asbes bebas tidak melebihi 0,5 fiber/m3/4jam

· Timah hitam tidak melebihi 300 mg/kg

b. Tidak terbuat dari bahan yang dapat menjadi tumbuh dan berkembangnya mikroorganisme patogen.

2. Komponen dan penataan ruang rumah

Komponen rumah harus memenuhi persyaratan fisik dan biologis sebagai berikut:

a. Lantai kedap air dan mudah dibersihkan

b. Dinding

· Di ruang tidur, ruang keluarga dilengkapi dengan sarana ventilasi untuk pengaturan sirkulasi udara

· Di kamar mandi dan tempat cuci harus kedap air dan mudah dibersihkan

c. Langit-langit harus mudah dibersihkan dan tidak rawan kecelakaan

d. Bumbung rumah yang memiliki tinggi 10 meter atau lebih harus­ dilengkapi dengan penangkal petir

e. Ruang di dalam rumah harus ditata agar berfungsi sebagai ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, ruang tidur, ruang dapur, ruang mandi dan ruang bermain anak.

f. Ruang dapur harus dilengkapi dengan sarana pembuangan asap.

3. Pencahayaan

Pencahayaan alam atau buatan langsung atau tidak langsung dapat menerangi seluruh bagian ruangan minimal intensitasnya 60 lux dan tidak menyilaukan.

4. Kualitas Udara

Kualitas udara di dalam rumah tidak melebihi ketentuan sebagai berikut :

a. Suhu udara nyaman berkisar antara l8°C sampai 30°C

b. Kelembaban udara berkisar antara 40% sampai 70%

c. Konsentrasi gas SO2 tidak melebihi 0,10 ppm/24 jam

d. Pertukaran udara

e. Konsentrasi gas CO tidak melebihi 100 ppm/8jam

f. Konsentrasi gas formaldehide tidak melebihi 120 mg/m3

5. Ventilasi

Luas penghawaan atau ventilasi a1amiah yang permanen minimal 10% dari luas lantai.

6. Binatang penular penyakit

Tidak ada tikus bersarang di rumah.

7. Air

a. Tersedia air bersih dengan kapasitas minmal 60 lt/hari/orang

b. Kualitas air harus memenuhi persyaratan kesehatan air bersih dan air minum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8. Tersediannya sarana penyimpanan makanan yang aman dan hygiene.

9. Limbah

a. Limbah cair berasal dari rumah, tidak mencemari sumber air, tidak menimbulkan bau dan tidak mencemari permukaan tanah.

b. Limbah padat harus dikelola agar tidak menimbulkan bau, tidak menyebabkan pencemaran terhadap permukaan tanah dan air tanah.

10. Kepadatan hunian ruang tidur

Luas ruang tidur minimal 8m2 dan tidak dianjurkan digunakan lebih dari dua orang tidur dalam satu ruang tidur, kecuali anak dibawah umur 5 tahun.

Masalah perumahan telah diatur dalam Undang-Undang pemerintahan tentang perumahan dan pemukiman No.4/l992 bab III pasal 5 ayat l yang berbunyi “Setiap warga negara mempunyai hak untuk menempati dan atau menikmati dan atau memiliki rumah yang layak dan lingkungan yang sehat, aman , serasi, dan teratur”

Bila dikaji lebih lanjut maka sudah sewajarnya seluruh lapisan masyarakat menempati rumah yang sehat dan layak huni. Rumah tidak cukup hanya sebagai tempat tinggal dan berlindung dari panas cuaca dan hujan, Rumah harus mempunyai fungsi sebagai :

1. Mencegah terjadinya penyakit

2. Mencegah terjadinya kecelakaan

3. Aman dan nyaman bagi penghuninya

4. Penurunan ketegangan jiwa dan sosial

Sumber:

Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 829 Menkes SK/VII/1999 Tentang Persyaratan Kesehatan Perumahan

Ditjen P2MPLM, Petunjuk Tentang Perumahan dan Lingkungan Serta Penggunaan Kartu Rumah, 1995.

About these ads

55 Tanggapan

  1. wah.. bagus juga…

    kalo mau lebih lengkap,, bisa dibaca di Tabloid RUMAH yang terbit dwimingguan.. oiya,, buku RUMAH SEHAT juga udah terbit loh.. ;-)

    sekedar share

  2. salam…
    maaf, minta artikelnya ya untuk materi makalah..

    kpn2 mampir ke blog sy..

    http://ww.ukht.wordpress.com

  3. thank you rumah sehat he..he..he

  4. wah siiip materinya JOOO

  5. wa..h materinya senergis dengan web kami cak…

  6. Terima kasih.
    Infonya bernilai.

  7. minta materinya ya…buat makalah.makasih

  8. materi yang singkat jelas and padat??????

  9. materi yang cukup bagus,jelas,tepat dan mempunyai makna??????

  10. di mana penjual booknya

  11. tank to create

  12. Thank’s ya atas infonya,,
    saya suka banget dengan materinya
    yang lebih mendetail,,

  13. wow. informasi yang berharga sekali buat saya dan para bloger sekalian. Semoga para bloger mandapatkan rumah impian dengan harga terjangkau, amiin. Bagi Anda yang ingin jual mobil bekas, please visit web mobil bekas

  14. TERIMAKASIH ATAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN/REFRENSI UNTUK REGENERASI. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

  15. tambah lagi ya

  16. hallo boss…
    salam kenal nih….
    mohon izin untuk link ke blog boss ya…
    kebetulan ane lagi bahas rumah sehat jadi perlu pendefinisian yang detail…
    bos bisa mapir ke blog ku http://www.kesehatanpribadi.com
    mungkin boss punya saran lebih lanjut…
    thanks berat ya….

  17. Apa boleh materi ini diambil utk sumber materi pengajaran?

  18. agar rumah sehat kita harus bagai mana??

    • minimal harus memenuhi aspek2 berikut: Sirkulasi udara yang baik. Penerangan yang cukup, Air bersih terpenuhi, Pembuangan air limbah diatur dengan baik agar tidak menimbulkan pencemaran, Bagian-bagian ruang seperti lantai dan dinding tidak lembab serta tidak terpengaruh pencemaran seperti bau, rembesan air kotor maupun udara kotor.

  19. naturall…thanks buat infonyaa

  20. Mantap niH materinya,,..,Bnar2 Rumah Idaman,,,
    Blh yah dicocokin sma materi rumah sehatku…mksih…

  21. Mantap nih Materinya,,benar2 rumah Idaman,,,
    Blh yah dicocokin sma meteri rumah sehat Ku,,,mkasih…

  22. ya rumah sehat seutuhnya emang jarang tapi mendekati rumah sehat itu sudah bagus

  23. Bisakah minta bantu untuk materi ibu-ibu pkk, adakah materinya dalam bentuk gambar-gambar yang lebih gampang di mengerti ??????

  24. wah makasih infonya, oke untuk siap-siap dalam berkeluarga …

  25. MAKASIH BANYAK UNTUK INFORMASINYA SMOGA BERGUNA BAGI KITA SEMUA

  26. maaf ya…saya mau minta ijin untuk copy tulisan anda…terima kasih sebelumnya..:)

  27. very very very good materinya,,i like it

  28. materi bagus,,,…., mohon izin diambil sebagian untuk bahan mengajar…??

  29. Lengkap infonya…thanks bos

  30. mohon contoh form kartu rumah sehat yang terbaru. terima kasih.

  31. Thanks infonya, bermanfaat bikin rumah tambah nyaman

    Baju Bali Murah

  32. Rumah sehat, penghuninya juga sehat…

  33. bagus blognya… informatif !

  34. Terima kasih mas atas artikelnya. Saya berencana mau mendirikan sebuah rumah tapi bingung saat mau mendesain karena saya tinggal di daerah padat penduduk

  35. mohon ijin mengunduh untuk bahan referensi….

  36. Waw materinya luar biasa bagus, sangat berguna, yang saya mau tanya : Apakah rumah bersebelahan dengan jalan tol (pagar belakang rumah = pagar jalan tol ), sehat atau tidak ? thanks

  37. ya ad g yg lebih mudah tuk di mengerti

  38. Bagus ya infonya
    Makasih ya, jadi tau lebih banyak dan lebih mendetail deh!
    THANK’S VERY MUCH ! *CAPSLOCK ON* Hehe

  39. I LOVE THIS INFOO

  40. Kpd tmen pembaca artikel ini. Ayo kita ciptakan rmh sehat. Sampaikan pd tmen2, tetangga n sahabat agar memiliki rmh sehat.

  41. Trima kasih atas sharenya, saya sedang nyusun program bedah “rumah berlantai tanah”, melalui keramiksasi rumah-rumah masyarakat yg msh berlantai tanah dgn swadaya mengajak teman dan para sahabat serta dermawan, saya kesulitan cari buku ttg ini, referensi saya presentasi program saya, ada masukan..?

  42. .. . hmhmhmhmh. .

    . . . mauhg ngadpin lomba desain rmh nii. . baca materi nee alhamdulilah dapet mazukan . .

  43. artikelnya mantab

  44. agar rumah kita bersih dan,sehat dengan rajin menyapu halaman,setiap hari

  45. Sekarang baru rumah sederhana dan sehat… besok… rumah mewah dan sehat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: