Pencemaran Udara


Udara merupakan faktor yang penting dalam kehidupan, namun dengan meningkatnya pembangunan fisik kota dan pusat-pusat industri, kualitas udara telah mengalami perubahan. Udara pencemaran-udarayang dulunya segar kini kering dan kotor. Hal ini bila tidak segera ditanggulangi, perubahan tersebut dapat membahayakan kesehatan manusia, kehidupan hewan serta tumbuhan

Pencemaran udara diartikan sebagai adanya bahan-bahan atau zat-zat asing di dalam udara yang menyebabkan perubahan susunan (komposisi) udara dari keadaan normalnya. Kehadiran bahan atau zat asing di dalam udara dalam jumlah tertentu serta berada di udara dalam waktu yang cukup lama, akan dapat mengganggu kehidupan manusia. Bila keadaan seperti itu terjadi maka udara dikatakan telah tercemar

Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 41 tahun 1999 mengenai Pengendalian Pencemaran udara, yang dimaksud dengan pencemaran udara adalah masuknya atau dimaksuknya zat, energi dan/atau komponen lain ke dalam udara ambient oleh kegiatan manusia sehingga mutu udara ambient turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara ambient tidak memenuhi fungsinya.

Sumber Pencemar Udara

Telah disadari bersama, kualitas udara saat ini telah menjadi persoalan global, karena udara telah tercemar akibat aktivitas manusia dan proses alam. Masuknya zat pencemar ke dalam udara dapat secara alamiah, misalnya asap kebakaran hutan, akibat gunung berapi, debu meteorit dan pancaran garam dari laut ; juga sebagian besar disebabkan oleh kegiatan manusia, misalnya akibat aktivitas transportasi, industri, pembuangan sampah, baik akibat proses dekomposisi ataupun pembakaran serta kegiatan rumah tangga

Terdapat 2 jenis pencemar  yaitu sebagai berikut :

a. Zat pencemar primer, yaitu zat kimia yang langsung mengkontaminasi udara dalam konsentrasi yang membahayakan. Zat tersebut bersal dari komponen udara alamiah seperti karbon dioksida, yang meningkat diatas konsentrasi normal, atau sesuatu yang tidak biasanya, ditemukan dalam udara, misalnya timbal.

b. Zat pencemar sekunder, yaitu zat kimia berbahaya yang terbentuk di atmosfer melalui reaksi kimia antar komponen-komponen udara.

Sumber bahan pencemar primer dapat dibagi lagi menjadi dua golongan besar :

1. Sumber alamiah

Beberapa kegiatan alam yang bisa menyebabkan pencemaran udara adalah kegiatan gunung berapi, kebakaran hutan, kegiatan mikroorganisme, dan lain-lain. Bahan pencemar yang dihasilkan umumnya adalah asap, gas-gas, dan debu.

2. Sumber buatan manusia

Kegiatan manusia yang menghasilkan bahan-bahan pencemar bermacam-macam antara lain adalah kegiatan-kegiatan berikut :

a. Pembakaran, seperti pembakaran sampah, pembakaran pada kegiatan rumah tangga, industri, kendaraan bermotor, dan lain-lain. Bahan-bahan pencemar yang dihasilkan antara lain asap, debu, grit (pasir halus), dan gas (CO dan NO).

b. Proses peleburan, seperti proses peleburan baja, pembuatan soda,semen, keramik, aspal. Sedangkan bahan pencemar yang dihasilkannya antara lain adalah debu, uap dan gas-gas.

c. Pertambangan dan penggalian, seperti tambang mineral and logam. Bahan pencemar yang dihasilkan terutama adalah debu.

d. Proses pengolahan dan pemanasan seperti pada proses pengolahan makanan, daging, ikan, dan penyamakan. Bahan pencemar yang dihasilkan terutama asap, debu, dan bau.

e. Pembuangan limbah, baik limbah industri maupun limbah rumah tangga. Pencemarannya terutama adalah dari instalasi pengolahan air buangannya. Sedangkan bahan pencemarnya yang teruatam adalah gas H2S yang menimbulkan bau busuk.

f. Proses kimia, seperti pada proses fertilisasi, proses pemurnian minyak bumi, proses pengolahan mineral. Pembuatan keris, dan lain-lain. Bahan-bahan pencemar yang dihasilkan antara lain adalah debu, uap dan gas-gas

g. Proses pembangunan seperti pembangunan gedung-gedung, jalan dan kegiatan yang semacamnya. Bahan pencemarnya yang terutama adalah asap dan debu.

h. Proses percobaan atom atau nuklir. Bahan pencemarnya yang terutama adalah gas-gas dan debu radioaktif.


Jenis Bahan Pencemar Udara

Ada beberapa bahan pencemar udara yang sering ditemukan di kota-kota. Dilihat dari ciri fisik, bahan pencemar dapat berupa :

a. Partikel (debu, aerosol, timah hitam)

b. Gas (karbon monoksida / CO, sulfur oksida / SOx, hidrokarbon, nitrogen oksida / NOx, H2S dan oksidant ozon dan PAN)

c. Energi (suhu dan kebisingan)

Bahan-bahan pencemar ini dikenakan peraturan khusus untuk pengawasannya karena bisa membahayakan kesehatan.

Tulisan Terkait:

Dampak Pencemaran Udara Terhadap Kesehatan

Aspek Klimatologi Pencemaran Udara

Sumber:

Soedomo, Pencemaran Udara , Kumpulan Karya Ilmiah, Institut Teknologi Bandung, 2000.

Wardhana, Dampak Pencemaran Lingkungan, 2001

About these ads

37 Tanggapan

  1. Uhm:-)et my blog dunk.kcy k0ment ea,d0nt vurget

  2. thanks bwt informasi’a…
    ini ngbntu bgt buat tugas presentasi d sekolah..

  3. zUpz…
    nTUh bNer Bgd……..

  4. lebih lengkap duank

  5. untuk info lebih lengkap dapat dilihat ke http://www.google.com => berseri lingkunganku. yang nantinya dapat mengakibatkan ke proses gangguan pernafasan.

  6. gangguan pernafasan sendiri salah satunya berasal dari pembuangan asap kendaraan yang berupa karbon dioksida.

  7. uCHe … uChE

  8. tq ya info,ne ngbntu bngt buat tgaz scol..

  9. thanks yaa,
    informasi nie dah sa bantu aku wat ngerjain tugas skula

  10. dpt membrikan byk pengtahuan tntang ksehatan dan mngtahui tntang bbrapa akbat tntang pncmran udra

  11. Udara yang tercemar akan sangat mempengaruhi sistem pernafasan kita, oleh sebab itu dianjurkan untuk mengkonsumsi cordycep agar sistem pernafasan kita menjadi semakin bagus. Coba lihat di http://www.jarkasih-ishaq.blogspot.com.

  12. mksih bnget atas info smua nie…
    brkat inii ak lbih mndapat ilmu wawasan yng luas..

  13. GO !! GREEN … GO !!

  14. kuranx lengkap poen dlm na
    HMMMMMMMMM

  15. setuju bgt

  16. prihatin liat pencemaran saat ini,
    semakin banyak penduduk, semakin banyak polusi Udara,
    semakin sedikiit alami nya bumi, termasuk pohon yang sebagai paru2 dunia.

  17. cocok bgt niiiii…..
    bwat tugas w…

  18. makasii iia…
    blog ini sangat mmbntu saiia dlm mngerjakan tugas sklh

  19. thanks><dah antu tgs school

  20. ma kasih ya atas infox semoga masyarakat dapat memahami pencemaran yang dapat membahayakan kesehatan

  21. pencemaran udara dapat menyebabkan,,,aktivitas kita menjadi terganggu,,,,oleh sebab itu harus di cegah dari sekarang …………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!

  22. hembh…thx bgt y bwat blog ini
    blog ini ngebantu q bgt utk ngerjain tugas plh q… =)

  23. mAkciiieehh wat materinya

  24. kenapa kita memakai sepeda jika ke :pasar olahraga dll

  25. wah bagus ni bisa membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah karena kebeyakan tugas yang di caru tidak seuai dengan yang diinginkan trrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrimmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmsssssssssssssssss yahhhhhhhhhhhhh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! wkwkwkwkwkwkwkwkwk

  26. Pencemaran udara itu memang tdk baik untuk manusia karena kalau kt menghirup udara yg ktr maka kt akan menimbulkan penyakit?

  27. ow ggiiittttUUUUUUU thoooooooooooooooooooooooooo ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  28. tahank to worpree

  29. rwrwrrrrrwr

  30. terimah kasih atas artikel tersebut bs memudahkan sy dlm mencari tugas

  31. mu’ucih eaaa

  32. Pencemaran udara dalam ruang juga harus diwaspadai karena sebagian besar waktu kita dihabiskan beraktifitas dalam ruang (sekolah, universitas, kantor, rumah, tempat rekreasi mal, dsb). AC saja tidak cukup untuk menjaga kualitas udara dalam ruang, karena justru dengan AC peningkatan konsentrasi polusi dalam ruang dapat meningkat tanpa adanya sirkulasi udara yang lancar. Ventilasi mekanis seperti ERV diperlukan untuk penyehatan udara dalam ruang dan tetap hemat listrik untuk AC.

    http://www.cleanairindonesia.blogspot.com

    http://www.facebook.com/coolandcleanindonesia

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: