Klasifikasi ISPA Pada Balita


ISPA merupakan penyakit penyebab kematian tertinggi balita di Indonesia. Kriteria penderita ISPA dalam penata laksanaannya adalah balita dengan gejala batuk dan atau kesukaran bernafas. Pola tatalaksana penderita ini terdiri dari 4 bagian, yaitu :

a. Pemeriksaan

b. Penentuan ada tidaknya tanda bahaya

c. Penentuan klasifikasi penyakit

d. Pengobatan

Dalam menentukan klasifikasi penyakit dibedakan atas dua kelompok, yaitu kelompok untuk umur 2 bulan sampai kurang 5 tahun dan kelompok untuk umur kurang 2 bulan.

a. Untuk kelompok umur 2 bulan sampai kurang 5 tahun klasifikasi di bagi atas :pneumonia

· Pneumonia berat

· Pneumonia

· Bukan pneumonia

b. Untuk kelompok umur kurang 2 bulan klasifikasi dibagi atas :

· Pneumonia berat

· Bukan pneumonia

Klasifikasi bukan pneumonia mencakup kelompok penderita balita dengan batuk yang tidak menunjukkan gejala peningkatan frekuensi nafas dan tidak menunjukkan adanya penarikan dinding dada bagian bawah ke dalam. Dengan demikian klasifikasi bukan pneumonia mencakup penyakit-penyakit ISPA lain di luar pneumonia seperti batuk pilek biasa (common cold), pharyngitis, tonsillitis.

Pola tatalaksana ISPA yang diterapkan dimaksudkan untuk tatalaksana penderita pneumonia berat, pneumonia, dan batuk pilek biasa. Hal ini berarti penyakit yang penanggulangannya dicakup oleh Program P2 ISPA adalah pneumonia berat, pneumonia, dan batuk pilek biasa, sedangkan penyakit ISPA lain seperti pharyngitis, tonsillitis, dan otitis belum dicakup oleh program ini. Menurut tingkatannya pneumonia di klasifikasikan sebagai berikut :

1. Pneumonia berat

Berdasarkan pada adanya batuk atau kesukaran bernafas disertai nafas sesak atau tarikan dinding dada bagian bawah ke dalam (chest indrawing) pada anak usia 2 tahun – < 5 tahun. Sementara untuk kelompok usia < 2 bulan, klasifikasi pneumonia berat ditandai dengan adanya napas cepat (fast brething), yaitu frekuensi pernapasan sebanyak 60 kali permenit atau lebih, atau adanya tarikan yang kuat pada dinding dada bagian bawah kedalam (severe chest indrawing).

1. Pneumonia

Berdasarkan pada adanya batuk dan atau kesukaran bernafas disertai adanya nafas cepat sesuai umur. Batas nafas cepat (fast brething) pada anak usia 2 bulan sampai <1 tahun adalah 50 kali atau lebih permenit sedangkan untuk anak usia 1 sampai <5 tahun adalah 40 kali atau lebih per menit atau

2. Bukan Pneumonia

Mencakup kelompok penderita balita dengan batuk yang tidak menunjukkan gejala peningkatan frekuensi nafas dan tidak menunjukkan adanya tarikan dinding dada bagian bawah ke dalam. Dengan demikian klasifikasi bukan pneumonia mencakup penyakit-penyakit ISPA lain diluar pneumonia seperti batuk pilek biasa (common cold), phryngitis, tonsilitas, otitis atau penyakit ISPA non pnumonia lainnya.

Untuk tatalaksana penderita di rumah sakit atau sarana kesehatan rujukan bagi kelompok umur 2 bulan sampai < 5 tahun, dikenal pula diagnosis pneumonia sangat berat yaitu batuk atau kesukaran bernafas yang disertai adanya gejala sianosis sentral dan tidak dapat minum.


Sumber:

Depkes RI, Pedoman Pemberantasan Penyakit ISPA, 2001

About these ads

10 Tanggapan

  1. Asslm.mohon penjelasannta lagi dung mengenai penyakit ini. bagaimana kalau yang terkena orang dewasa?bagaimana cara penanganan yang tepat? dan apakah ISPA itu bisa sembuh total?

  2. Bisa gak tuliskan literatur yang memuat pembahasan tentang penyakit ini??

  3. Ass…tolong dijelaskan istilah ISPA adlh singkatan dari infeksi sal. pernafasan akut atau atas, yg benar yg mana krn dosen sy pake istilah yg ke-2, sy jadi bingung, mohn penjelasannya disertai literarurnya. Thank’s.

  4. Tolong mas dikirim ke email sy penjelasan ttg perbedaan bronchopnemoni & TB Paru pd anak. Trimakasih atas infonya.

  5. Bisa nggak dapatin secara lengkap

  6. Assalamualaikum..
    Semoga anak2 kita terhindar dari penyakit2 diatas..Anak adalah amanah, semoga para orangtua segera dianugrahi amanah tersebut dan mensyukurinya. Salah satu cara utk mensyukuri atas karunia tsb adalah dengan melaksanakan Aqiqah sebagaimana sabda Nabi SAW Yang berbunyi, “Anak tergadai dengan aqiqahnya. Disembelihkan untuknya pada hari ketujuh (dari kelahirannya)”. (HR al-Tirmidzi, Hasan Shahih)

    Rumah Aqiqah hadir utk membantu anda yg akan melaksanakan ibadah Aqiqah. Kunjungi website http://www.rumahaqiqah.org atau kirim email ke welcome@rumahaqiaqh.org Semoga bermanfaat ^^

    Wassalamualaikum

  7. ass…sy mnt tlong,,,pnjelasan lbh rinci lg ttg ispa. krn ank sy usia 2,5 thn, sqtr 2 bln trakhir n mggu2 ini sering trserang flu & batuk…gejala bersin,ingus encer,hlg nfsu mkn,mata kdang berair,hdg trsumbat,tp tdk demam. stelah dibwa kpuskesmas obt hbs sembuh…tp mggu dpn lgsg timbul lg flu & btukx kmbli. sya mhon tanggapanx ap yg hrs sy lakukan. terima ksh…..

  8. caca itu sering pilek 1 bulan 2 kali dan kadang batuk, kata dokter di sekolahnya, caca kena ispa, tp waktu sya periksa ke dokter katanya bukan, lalu yang mana yang benar ya

  9. kalo bisa pengen di perjelas tenntang klasifikasi tentang ISPA nya ,trimakasih atas informasi nya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: